-->

Cara Mendapatkan Nomer Induk Siswa Nasional (NISN) Secara Online

Cara Mendapatkan Nomer Induk Siswa Nasional (NISN) Secara Online
Jika kamu seorang pelajar dan mahasiswa yang sedang mencari informasi tentang Nomer Induk Siswa Nasional (NISN).Jangan takut,karena saat ini ada layanan online dari dinas Kemendikbud tentang layanan tersebut.

NISN ini memang penting untuk diketahui khususnya bagi para pelajar dan mahasiswa.Mengingat,NISN menjadi identitas bagi para siswa yang sedang menuntut ilmu dikarenakan nomer yang berlaku bersifat unik,standar dan berlaku sepanjang masa.Tidak ada data yang sama antara satu siswa baik ia bersekolah didalam negeri atau diluar negeri dalam lingkup Kemendikbud .

Sistem pengelolaan  NISN sendiri memang resmi diluncurkan secara nasional oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) Kemendikbud yang merupakan bagian dari program Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kemendikbud.Dan di keluarkannya Nomer Induk Siswa Nasional ini sangat penting dalam hal : Bantuan Operasional Sekolah (BOS),Ujian Nasional,PIP dan SNMPTN

Oleh karena begitu pentingnya manfaat dari NISN ini ada baiknya agar segera mengeceknya.Hal yang sering terjadi para siswa tidak mengetahui NISN miliknya dikarenakan siswa itu sendiri atau faktor lain.Misalnya kurangnya informasi dari pihak sekolah kepada para wali murid ketika mendaftarkan ulang.

Perlu untuk diingatkan bagi kamu yang sekarang sudah memasuki kelas 9 dan kelas 12 agar segera mengantisipasi tentang masalah NISN milikmu.Karena syarat untuk mengikuti UN harus menyertakan NISN.

Ada 3 cara untuk mengetahui NISN milikmu: 

  • Menghubungi pihak sekolah tempat kamu berada
  • Datang langsung ke kantor Kemendikbud setempat
  • Membuka layanan online di https://nisn.data.kemdikbud.go.id pilih opsi Data Siswa
Jika opsi yang kamu pilih melalui layanan online maka kamu harus melalukan langkah-langkah dibawah ini.

  1. Buka aplikasi web browser mozilla atau google chrome di perangkatmu dan ketikan https://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data
  2. Hasilnya akan muncul formulir halaman seperti berikut dibawah ini,ada 2 opsi yang bisa kamu pilih yakni pencarian berdasarkan nama dan Pencarian berdasarkan NISN. Isi sesuai dengan kebutuhan berdasarkan informasi yang kamu miliki.
Cara Mendapatkan Nomer Induk Siswa Nasional (NISN) Secara Online1

Cara Mendapatkan Nomer Induk Siswa Nasional (NISN) Secara Online1
    Jika kamu sudah mengisi formulir ini dengan benar dan data-datamu sudah terdaftar maka hasilnya akan keluar sesuai data yang ada.Namun jika hasilnya malah keluar keterangan "No records to display" artinya ada kesalahan data yang dimasukkan.Silahkan refresh ulang di aplikasi browser-mu.

    Namun jika sudah berkali- kali kamu memasukan data dengan benar tapi hasilnya sama saja.Bisa jadi ada kesalahan teknis yang mungkin terjadi dari pihak terkait.Jika sekiranya memungkinkan silahkan hubungi alamat dibawah ini.

    Layanan Terpadu
    Gedung C Lantai 1
    Komplek Kemdikbud
    Senayan, Jakarta 10270
    Call Center : 177
    Telp : (021) 5703303
    Fax : (021) 5733125
    SMS : 0811976929
    Email: pengaduan@kemdikbud.go.id


    Cara Mendapatkan Nomer Induk Siswa Nasional (NISN) Secara Online