-->

Cara Menyimpan File yang Aman Di Internet

Cara Menyimpan File yang Aman Di Internet
Seorang blogger yang aktif tentu tak dapatkan dipisahkan dengan konten.Konten yang yang dimaksud bisa berupa file teks,gambar,rekaman suara atau pun video.Beberapa jenis file ini bagi seorang blogger adalah aset.Apa jadinya jika sewaktu-waktu file yang kita perlukan tiba-tiba menghilang raib entah kemana gara-gara flashdik atau media penyimpanan lainnya hilang atau rusak.

Di jaman yang serba canggih ini,sebetulnya banyak media yang bisa kita gunakan sebagai sarana penyimpanan.Internet adalah jawaban dari semua keterbatasan media penyimpanan konvensional.Teknologi yang ngetrend dengan istilah media penyimpanan awan.

Beberapa abad yang lalu (maaf, biar kesannya makjleb!) media untuk bertukar data masih berupa disket.Bagi yang pernah mengalami jaman ini,saya yakin sudah hafal bentuknya seperti apa.Untungnya saya,belum pernah mengalami zaman ini.Walaupun saya generasi 80-an,tapi untuk urusan komputer dan tetek bengeknya bisa dikatakan terlambat.Maklum orang udik?

Kalo sobat sendiri,bagaimana?Sama dengan saya?

Tenang saja,segala keterbatasan itu sudah lewat.

Bagi sobat yang betul-betul membutuhkan informasi tentang media penyimpanan selain dari cara-cara konvensional,di artikel ini akan saya jabarkan beberapa infonya :

Untuk kasus ini saya menggunakan Google Drive.

Produk besutan raksasa search engine masa kini ini sengaja saya ulas pada artikel saya kali ini.


Alasannya apa ?

  • Produk google
  • Gratis
  • Tersemat secara otomatis di android
  • Portabilitasnya tinggi
  • Terintegrasi dengan akun Gmail
  • Kapasitas penyimpanannya 15 GB untuk versi gratis

 Bagaimana cara pakainya?


Pertama,

Pastikan sudah mendaftarkan diri pada akun Gmail.Jika sobat sudah memilikinya langsung ketikan https://www.google.com/drive/ di adress bar browser atau ketikan kata kunci google drive di halaman pencarian.Hasilnya di halaman browser akan seperti dibawah ini.

bagaimana-cara-menyimpan-file-yang-aman-di-internet-lewat-google-drive

Kedua,

Jika akun Gmail sobat sudah siap,tekan tombol Kunjungi Google Drive seperti yang nampak pada gambar diatas.Secara otomatis browser akan mengarah pada halaman aplikasi seperti dibawah ini.

Bagaimana-Cara-Menyimpan-File-yang-Ama- Di-Internet-google-drive

 Gambar diatas ini contoh halaman aplikasi saya,jika sobat belum pernah memakai google drive ini halamannya tentu beda dengan punya saya.

Ketiga,

Pada tahapan ini sobat semua bisa memindahkan semua jenis file melalui tombol + Baru,nanti akan muncul beberapa opsi folder,upload file dan upload folder.
  • Opsi Folder ini berfungsi untuk membuat folder di aplikasi google drive
  • Opsi Upload File ini berfunsi untuk mengunggah file
  • Opsi Upload Folder ini berfungsi untuk mengunggah folder dari perangkat penyimpanan fisik misalnya komputer atau smartphone atau pun flashdisk yang terhubung ke komputer sobat.
jika kebutuhannya hanya sekedar untuk mengunggah sebuah file.Tekan upload file,namun jika sobat berkinginan untuk mengunggah beberapa jenis file yang tergabung dalam sebuah folder,alangkah lebih praktisnya opsi yang dipilih adalah upload folder.

Langkah-langkah diatas bisa dipraktekan secara mandiri.Jika sobat merasa ini bermanfaat.

Selain dengan google drive,sobat semua bisa memilih layanan dibawah ini :

  • OneDrive 
  • Mediafire
  • DropBox
  • iCloud 
Lain waktu,semoga saya bisa mengulas untuk layanan penyimpanan awan lainnya selain google drive.Thanks.

Cara Menyimpan File yang Aman Di Internet