-->

Mengenal Istilah Desain Grafis dan Bidang Kerja Desainer Grafis

Mengenal Istilah Desain Grafis dan Bidang Kerja Desainer Grafis

Mengenal Istilah Desain Grafis dan Bidang Kerja Desainer Grafis

Mari kita setel ulang mesin waktu beberapa saat saja..

Jauh sebelum manusia modern mengenal istilah desain grafis.Ribuan tahun lampau,kakek-nenek buyut kita sudah lebih dulu melukis dinding-dinding gua mereka dengan bulu-bulu hewan yang dicelupkan pada cairan warna dari bahan-bahan alami.

Bahan-bahan alami ini mereka hasilkan dari bebatuan yang berada disekitar gua.Karena dibuat secara sederhana,warna alami ini tidak selengkap yang kita kenal pada zaman modern ini.Umumnya hanya serupa warna kuning, cokelat, jingga, hitam, dan merah.

Tujuan mereka melukis gua,menurut para ahli purbakala tentu tidak untuk main-main…

Lantas...tujuannya apa?

...Manusia purba melakukan itu karena alasan spiritual,supranatural dan estetika menurut standar zaman tersebut.

Bahkan tujuan mereka melukis untuk menandai jejak bahwa mereka pernah berada ditempat tersebut.

Hari ini,manusia modern tidak berubah,media lukisnya saja yang berganti…

Canvas,kertas,komputer,jalan-aspal bahkan tembok,

...termasuk tembok wc sekolah (Warning:Ini kebiasaan buruk saya,dulu.Jangan ditiru!).

Faktanya,tujuan manusia modern lebih kompleks daripada manusia gua.

Desain grafis menjadi ujung tombak dalam segala bidang:Politik,kesehatan,pendidikan,keagamaan…

Tentu saja yang paling sering bersentuhan intens dengan desain grafis dalam bidang-bidang komersialisasi industri.

Sejarah singkat….


Perkembangan desain grafis modern mulai mendapat momentumnya ketika Johannes Guttenberg (1398-1468) menemukan mesin cetak hasil modifikasi dari mesin pembuat anggur.Penemuan mesin ini membuka eropa ke arah teknologi percetakan massal.

Pada perkembangan berikutnya, Aloys Senefelder (1771-1834) menemukan teknik cetak Lithografi. Berbeda dengan mesin cetak Guterberg, teknik cetak lithografi menggunakan tehnik cetak datar yang memanfaatkan prinsip saling tolak antara air dengan minyak.

Lithografi sendiri berasal dari istilah media yang digunakan yakni sejenis batuan litho. Tehnik ini memungkinkan untuk melakukan penggambaran secara lebih leluasa dalam bentuk blok-blok serta ukuran besar, juga memungkinkan dilakukannya pemisahan warna. Sehingga masa ini mendukung pesatnya perkembangan seni poster. Masa keemasan ini disebu-sebut sebagai “The Golden Age of The Poster”.

Melangkah lebih jauh ke depan yakni pada tahun 1851, The Great Exhibition,diselenggarakan di taman Hyde London antara bulan Mei hingga Oktober 1851, pada saat Revolusi industri.

Namun kata desain grafis pertama kali digunakan pada tahun 1922 di sebuah esai berjudul “New Kind of Printing Calls for New Design” yang ditulis oleh William Addison Dwiggins.Seorang desainer buku amerika.Lima tahun kemudian,tepatnya tahun 1927.Raffe’s Graphic Design,buku monumentalnya diterbitkan.Buku ini dianggap sebagai buku pertama yang menggunakan istilah Desain Grafis pada judulnya.

Sejarah desain grafis di Indonesia


Menurut situs Desain Grafis Indonesia


Industri percetakan di nusantara dimulai dari masa kolonialisme belanda.Sekitar tahun 1659,ketika itu mesin cetak baru pertama kali tiba di pulau Jawa.Uniknya,mesin ini menganggur sampai berpuluh-puluh tahun karena tidak ada operatornya.

Mesin cetak ini didatangkan oleh misionaris belanda untuk mencetak Kitab suci dan buku-buku pendidikan pendidikan kristen.

Selain itu,mesin cetak ini juga menerbitkan surat kabar dengan basis pendidikan kristen.

Para pembaca koran berbahasa belanda di masa Hindia Belanda ini antara lain;Orang-orang belanda dan eropa,Priyayi,Tionghoa dan keturunan Indo-belanda.

Wilhelm Daendels-lah,gubernur Hindia belanda yang termasuk berperan besar dalam industri percetakan awal dengan membentuk percetakan negara.

17 Agustus 1744


Jan Pieterzoen Coen,Gubernur Hindia Belanda (1619-1629) pernah menulis surat berita ke pemerintah setempat di Ambon dengan judul “Memorie De Nouvelles”,salinannya ditulis tangan tahun 1621.

Alasan dibalik penulisan surat berita itu bagi JP coen adalah persaingan bisnis rempah dengan Portugis.

Satu abad kemudian,Batavia Nouvelles,surat kabar pertama di Hindia Belanda,tulisan tangan J.P Coen diterbitkan pada tanggal 17 Agustus 1744.

Fakta menariknya,tulisan tangan “Memorie De Nouvelles” merupakan iklan pertama di surat kabar pertama di Hindia Belanda tersebut.

Apa sih Desain Grafis itu?


Desain grafis merupakan suatu bentuk seni dari komunikasi visual yang memanfaatkan gambar sebagai media yang  ditujukan dapat menjadi sarana penyampaian informasi atau pesan secara jelas dan efektif, bahkan mampu membentuk persepsi manusia dari si pemberi pesan.

Desain grafis ini berasal dari dua kata, yakni desain dan grafis.

Desain adalah metode perancangan seni yang didasari dengan kreatifitas,

…sedangkan grafis adalah ilmu yang mempelajari metodologi mempertemukan  titik maupun garis sehingga akan membentuk sebuah gambar yang dapat memberikan informasi.

Singkatnya,

Desain grafis adalah ilmu yang mendayagunakan kreatifitas untuk menciptakan sebuah rancangan desain dalam bentuk gambar dengan kaidah-kaidah ilmu desain.

Seorang pemula seperti saya lebih suka mempelajari yang simpel,oleh karena itu saya sedang mempelajari canva dalam belajar desain grafis.



Apa saja prinsip yang ada dalam desain grafis?

Prinsip penting desain grafis adalah Komunikatif.

Artinya..

Setiap desain yang dihasilkan dari proses kreatifitas ini harus mudah dimengerti dan dipahami bagi kalangan yang disasar oleh si Desainer Grafis.

Contohnya,Iklan layan masyarakat tentang Keluarga Berencana tentu harus mudah dipahami oleh kalangan yang berusia produktif secara reproduksi bahkan untuk kalangan yang paling awam sekalipun.

Prinsip penting lainnya,

Kesederhanaan 

prinsip ini tentu harus ada dalam setiap produk desain grafis agar setiap audiens mampu mencerna maksud dari tujuan penciptaan produk desain grafis.

Keseimbangan 

Secara visual,desain yang baik tentu harus mengedepankan prinsip-prinsip desain yang harus menggunakan elemen-elemen dasar desain.Tapi juga harus mengikuti perkembangan jaman agar tidak terlihat kaku.

Kesatuan 

Isi pokok dari komposisi suatu desain harus dapat menyatu sehingga terlihat utuh.Sehingga terkesan tidak janggal dan membuat desain yang dihasilkan terlihat lebih mudah untuk dinikmati.

Penekanan 

Desain yang berhasil tentu saja yang harus merebut perhatian target audiens-nya,dikarenakan elemen-elemen yang diikutsertakan ke dalam desain sesuai dengan harapan yang diinginkan audiens.

Irama 

ada pengulangan elemen-elemen tertentu yang harus disertakan jika memang sepertinya perlu untuk mendukung hasil desain grafis lebih menarik.

Proporsi 

Walaupun kerjaan desain grafis lebih menitik beratkan pada seni kreatifitas tentu saja tidak boleh melupakan sisi-sisi matematis.Khususnya pada bagian-bagian yang harus menyertakan perspektif gambar.

Apa saja elemen-elemen yang harus ada pada desain grafis?


Desain harus memiliki unsur-unsur penting ini:

garis, bentuk, tekstur, ruang, ukuran dan warna.



Elemen dasar yang diperlukan untuk membentuk sesuatu adalah garis. Tanpa adanya garis, unsur desain yang satu dan yang lain tidak bisa terhubung.

Elemen kedua dalam desain grafis adalah bentuk. Bentuk-bentuk gambar dua dimensi yang kita kenal  antara lain segitiga, lingkaran, persegi dan persegi panjang.Itu bentuk yang umum.selebihnya adalah perpaduan dari bentuk-bentuk yang kita kenal tersebut.

Lalu, yang ketiga adalah tekstur. Apa itu tekstur? Tekstur adalah tampilan bagian luar dari sebuah bentuk yang dapat dilihat atau dirasakan.

Elemen keempat adalah ruang. Ruang diperlukan untuk mempercantik sebuah desain. Sehingga desain tidak terlihat kaku dan kesan yang dihasilkan lebih hidup.

Selanjutnya,ukuran. Objek yang memiliki ukuran yang lebih besar atau dominan mengindikasikan bahwa objek tersebut lebih penting dibanding objek yang berukuran kecil. Itulah pentingnya unsur ukuran.

Warna melengkapi unsur-unsur yang harus ada dalam sebuah desain.

Warna yang tepat dalam desain bisa menimbulkan kesan yang baik bagi penikmat seni desain grafis.Karena warna bisa menumbuhkan suasana tertentu pada auidens.

Apa saja jenis desain grafis?


Adapun beberapa jenis dari desain grafis yang sering digunakan, diantaranya adalah sebagi berikut:

1. Drafter

Jika kamu ingin  membuat rancangan bangunan atau yang berkaitan dengan arsitektur atau industri.
Cobalah aplikasi ini: :
Autocad,
Archicad,
3D revit architecture

2. Editor

Jika kamu ingin  membuat cover atau sampul, banner, stiker, logo, poster, kartu nama, dan yang lainnya.Maka tekuni bidang ini,disamping karena dibutuhkan dalam industri periklanan dan publikasi.

Cobalah aplikasi ini: :
Adobe photoshop,
Corel draw,
illustrator
Canva(web,android)

3. Layouter


Jika kamu suka membaca majalah dan koran.Tentu kamu akan menemui perbedaan antara majalah politik dan majalah remaja.Siapa yang membuat ini?siapa yang membuat tatanan letak pada koran atau majalah kok enak dipandang?
Yap!layouter...
Cobalah aplikasi ini: :
MS.publisher,
Adobe page maker,
Adobe InDesign

4. Art Director


Jika kamu hobby memodifikasi gambar atau photo agar terlihat lebih wah.Mungkin kamu cocok dalam bidang ini.
Cobalah aplikasi ini: :
Photoshop,
Corel draw,
Art creator,
Photo paint

5. Fotografer


Dulu,ketika kamera digital belum setenar sekarang.Kerjaan Fotografer sedikit rumit dan lama.

Sekarang,semuanya bisa lebih cepat.Bahkan dengan hadirnya smartphone canggih,semua orang bisa berkreasi dengan gadget yang dimiliki.

Oleh karena itu bagi yang senang menekuni dunia fotografi untuk kebutuhan grafis tertentu,skill dan jam terbang harus terus diasah.Agar hasil desain yang dihasilkan pun mempunyai citarasa seni yang ciamik.
Aplikasi yang dapat biasa digunakan:
photo studio, ieworks

6. Animator


Sering melihat film upin dan ipin,sopo jarwo atau film-film walt disney.

Itulah kerjaan animator.

Menekuni bidang ini memang tidak mudah,harus mengikuti training terlebih dahulu.Jika mau belajar secara secara otodidak pun bisa,tapi mesti trial dan error.

Tentu kurang efektif…

Jika kamu mau silahkan mempelajari aplikasi ini:
Adobe flash,
After effect,
3D maya,
Gif animator

7. Visualisator


Dalam bidang presentasi tentu dibutuhkan desain-desain presentasi yang unik.Nah orang yang berperan penting dalam membuat desain seperti ini tentu sangat dibutuhkan dalam industri pemasaran.

Aplikasi yang dapat biasa digunakan:
3D max,
autocad,
digital clay

8. Video Editor


Youtube menjadi terkenal karena konten-konten videonya.

Bagi yang hobby dalam mengutak-atik video.Tentu saat ini merupakan saat yang tepat dalam mengembangkan hobby.Apalagi menjadi seorang pengguna akun Youtube (baca:Youtubber) bisa mendatangkan penghasilan yang tidak sedikit.

Jika mau…

...silahkan tonton tutorial tentang editing dan perspektif dalam mengediting video di channel milik Zach King.

Disana,kamu akan mendapatkan ilmu secara gratis.

Cobalah aplikasi ini:
After effect,
Sony vegas,
Video studio,
Kinemaster(android)

9. Integrater Designer


kerjaannya hampir sama dengan nomer 8

Melihat cakupan jenis bidang kerja yang cukup luas maka tak heran jika tren permintaan bursa kerja dalam bidang desain grafis ini seolah tak pernah putus.

Namun,memang harus diakui disamping harus mempunyai skill dalam pengoperasian sofware grafis.Seorang desainer grafis tentu harus mempunyai ketelitian dan rasa seni yang tinggi.

Menjadi seorang desainer grafis bahkan mempunyai beberapa keuntungan finansial yang cukup lumayan disamping suasana kerja yang lebih fleksibel.

Seberapa jauhkah keuntungannya…

(nantikan updatenya!)

Sumber artikel:Dari berbagai sumber

Mengenal Istilah Desain Grafis dan Bidang Kerja Desainer Grafis