-->

[Canva]Tutorial Membuat Desain Grafis Praktis Bagi Pemula

 [Canva]Tutorial Membuat Desain Grafis Praktis  Bagi Pemula
[Canva]Tutorial Membuat Desain Grafis Praktis Bagi Pemula

Konten Visual merupakan salah satu unsur penting dalam dunia digital.Banyak platform digital,seperti ; website,blog,sosial media dan semacamnya yang memperhatikan betul kebutuhan akan konten visual ini.Dengan komposisi elemen grafis yang seimbang dalam setiap produksi digital tentu akan lebih menarik dan terkesan profesional di mata klien.

Tidak setiap orang ahli dalam bidang olah konten yang bersifat visual.Walaupun bertebaran segala aplikasi grafis,baik yang sifatnya berbayar ataupun opensource.Karena dalam dunia grafis,skill dan cita rasa seni sangat berperan besar.

Namun,kecanggihan teknologi selalu terus berinovasi sangat cepat.Kemudahan dan Kepraktisan membuat para penggiat teknologi mengembangkan sebuah aplikasi yang sangat bersahabat bagi orang awam.Di bidang grafis,Canva memberikan sebuah jawaban.

Saya sudah mencobanya.Bahkan saya sampai ketagihan menggunakan aplikasi grafis ini.Sangat mudah dan tak pakai ribet lho.

Mungkin kamu perlu mencobanya,karena di playstore,aplikasi ini tersedia secara gratis.Jika belum cukup silahkan menggunakan aplikasi web-nya di pc.

Nah,untuk mengetahui apa itu canva silahkan baca artikel saya ini.

Apa itu Canva?

Canva itu aplikasi desain grafis online.Karena jenis aplikasi online,tentu kamu harus membutuhkan jaringan internet ketika menggunakannya.Tak usah takut dengan aplikasi ini,bagi kalangan awam,aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan.Oleh karena itu,bagi kamu yang hobby dengan desain-mendesain konten grafis silahkan buruan menggunakan canva.

Karena jenis aplikasi ini sifatnya online,tentu sangat memudahkan kita mengaksesnya baik melalui perangkat desktop atau smartphone.

kelebihan menggunakan aplikasi online ini kita tidak memerlukan spek komputer yang canggih.Cukup sediakan browser dan kita bisa langsung mengaksesnya.

Lantas desain macam apa yang bisa dibuat di Canva?

Di aplikasi Canva,kamu hanya perlu kreatifitas dan seni.Tidak ada kerumitan yang sangat berarti dalam hal teknis.Semuanya sudah disediakan,seperti : 

Logo


Merk atau Brand adalah identitas sebuah bisnis.Melakukan branding berarti memperkenalkan identitas bisnis kamu kepada khalayak ramai.Nah,logo adalah sebuah alat agar memuluskan proses branding kamu

Di canva tersedia banyak template yang dibutuhkan untuk merancang sebuah logo yang unik menurut selera kamu.

Konten Media Sosial


Ada beberapa pilihan template yang tersedia di aplikasi ini,mulai dari template untuk konten facebook sampai pinterest.Jadi bagi kamu yang sering mengupdate konten di sosial media tak susah ketika harus menyesuaikan ukuran pixel dari konten visual.

Poster

Untuk menunjang aktifitas bisnis online-mu atau untuk keperluan branding,Canva juga bisa untuk membuat poster.Desainya unik,cocok sekali bagi yang memang ingin membuat poster secara mudah.

Featured Image

Bagi  para blogger atau copywriter,featured image atau konten grafis untuk menunjang artikel itu bagian yang tak bisa dilewatkan begitu saja.Disamping menambah lebih menarik,artikel dengan gambar yang unik dan mungkin hanya terdapat di blog kita saja,tentunya bisa menambah kesan yang mendalam bagi para pengunjung blog atau website.

Banyak penyedia gambar gratis di internet,layaknya;pixabay,pinterest.Tidak kesulitan bagi para blogger masa kini untuk mendapatkan konten-konten gratis yang bebas dari hak cipta.Melalui canva kita bisa meramunya menjadi mozaik dan menghasilkan image yang lebih unik.

Infografik

Menyajikan data dengan teks tentu membosankan bagi para pengunjung website.Infografik membuat penyajian data yang rumit bisa lebih dinikmati dan dipahami.

Tidak setiap orang bisa membuat infografik,tapi dengan canva semua orang bisa dengan mudah dan sambil belajar melalui template yang sudah ada bagaimana sebuah infografik dibuat.Disamping bisa mudah di-share ke berbagai media sosial,infografik lebih terlihat menarik.

Kartu Nama

Jika selama ini kamu menginginkan desain kartu nama sesuai selera.Pada aplikasi ini juga tersedia berbagai macam desain kartu nama profesional.

Label produk

Tidak usah kemana-mana jika kamu mempunyai produk tapi bingung bagaimana membuat kemasan label pada produk.Karena Canva juga menyediakan contoh-contoh label produk.Kita bisa mengeditnya sesuai kebutuhan dengan lebih mudah pada aplikasi ini.

Kartu Ulang-tahun

Membuat kartu ulang tahun juga bisa kita buat dengan mudah melalui aplikasi ini.Desainnya juga tak kalah menarik daripada yang sudah ada.

Desktop Wallpaper

Bagi para pencinta seni foto,di canva juga menyediakan berbagai macam jenis wallpaper unik untuk pc.

Cover Buku

Buat yang hobby menulis di wattpad atau gramedia writing project (baca:gwp.id),sepertinya aplikasi ini sangat cocok untuk mempermudah desain cover bukumu.

Sertifikat

Jika kamu mempunyai berbagai macam acara,seminar atau kegiatan menarik lainnya dan kamu butuh desain sertifikat yang tidak itu-itu saja.Kamu juga bisa mendaptkan desainnya secara mudah.

Sebenarnya masih banyak desain-desain yang ada di canva,tapi untuk sementara saya tulis beberapa saja.Itu hanya sebagai gambaran saja kalau aplikasi grafis ini multifungsi.

Apa yang kita dapatkan dari fitur-fitur yang ada di Canva? 

Untuk versi non-berbayarnya saja kita sudah dimudahkan tersedianya dengan berbagai macam template desain dari berbagai macam kategori.
  • Ada ribuan template dan photo yang benar-benar free untuk digunakan...

  • Gratis penyimpanan 1 GB dari server canva...

  • Mudah dalam kostumisasi teks.. 

  • Berbagai macam icon dan ilustrasi..

  • Panduan cara menggunakan canva dari penyedia layanan

[Canva]Tutorial Membuat Desain Grafis Praktis Bagi Pemula