-->

Tips Pintar Sebelum Mencari Lowongan Pekerjaan

Tips Pintar Sebelum Mencari Lowongan Pekerjaan
Menganggur memang bukan sebuah pilihan.Tapi kadang ada saat dimana kita mengalami kondisi yang membuat kita harus memilihnya,baik karena keinginan sendiri atau karena diluar kendali kita.Entah itu karena tempat kerja yang lama sudah tak menginginkan tenaga kita lagi atau perusahaan tempat kita bekerja mengalami krisis keuangan sehingga terpaksa merampingkan jumlah karyawannya.Atau bahkan dari kita sendiri yang memang sudah tak kerasan bekerja di tempat yang monoton,gaji kecil dan seabrek alasan lainnya.Kalau sudah begitu hanya ada satu kata : mencari lowongan pekerjaan baru.


Bagi orang yang mempunyai berbagai macam keahlian dan relasi dimana-mana mungkin tidak akan sukar untuk mendapatkan pekerjaan baru.Tapi bagi yang tidak,akan menjadi kendala besar ketika harus mencari lowongan pekerjaan pengganti.Apalagi di jaman sekarang memperoleh pekerjaan yang diimpikan itu tidak mudah membalikan telapak tangan.Setiap tahun angkatan kerja baru terus meningkat.Sedangkan lapangan kerja yang tersedia justru tak seimbang dengan banyaknya angkatan kerja.

Di era internet ini ada banyak ide-ide kreatif yang bisa menjadi pilihan ketika memutuskan untuk mendapatkan pekerjaan.Misalnya ; jika kamu seorang lulusan sarjana bahasa inggris,bisa membuka kursus bahasa inggris atau menjadi tour guide ditempat-tempat wisata.

Itu yang sarjana...

yang bukan sarjana,gimana dong?...

Tenang.

Ada berbagai macam pilihan ; bisa menjadi driver ojek online,berjualan online atau offline.Jika kamu mampu mungkin bisa mencoba menjadi youtuber atau blogger.Tapi hati-hati,mendulang uang dari internet lewat youtube dan blog itu bukan cara instan.Butuh waktu lama untuk memulai prosesnya.

Artikel tentang tips mencari lowongan pekerjaan ini bisa kamu praktekan dirumah secara mandiri.

Tips Pintar Sebelum Mencari Lowongan Pekerjaan

 

Memanfaatkan Sosial Media LinkedIn 

Sosial media satu ini bisa menjadi jalan masuk menggapai impianmu.Buat porftfoliomu lewat linkedin dengan mendaftarkan akun dengan namamu sendiri.

Kabar bagusnya,sosial media ini gratis.Penggunanya pun hampir mencapai 546 juta di 200 negara di seluruh dunia.Cakupan bidang kerjanya meliputi 150 bidang industri dan lebih dari 400 dalam bidang jasa.Rata-rata penggunanya adalah kalangan profesional.

Jadi kabar buruknya,kamu tidak bisa sembarangan memperlakukan akunmu disana.Jangan samakan dengan sosial media ini dengan facebook,instagram atau twitter.Di linkedin,akunmu harus menunjukan kepercayaan pengguna lainnya khususnya bagi pencari tenaga kerja

Saya tidak akan memberikan penjelasan cara buat akunnya didalam artikel ini.Silahkan kunjungi linkedin sendiri.Dan cobalah berbagai fitur yang telah disediakan di web sosial media ini.

Buatlah CV di blog

Pilihan satu ini memang tidak cocok untuk pencari kerja yang masih awam dan sama sekali belum merasakan atmosfer dunia kerja.Tapi jika dilakukan pun tak ada masalah.Hanya saja membuat cv di blog agar terlihat profesional itu butuh perhatian lebih.Baik dari sisi biaya atau teknis.Alasannya kamu akan berurusan dengan domain dan hosting.

Blog gratisan khan ada?

memang ada.contohnya blogspot.com atau wordpress.com
Kedua platfrom blog itu memang ada layanan gratisnya.Tapi kekurangannya untuk cv agar terlihat profesional dengan layanan gratis tidak saya rekomendasikan.

Kenapa?

Nama domainmu akan terlihat norak.Contohnya ; namamu.blogspot.com atau namamu.wordpress.com

Blog ini juga pakai blogspot.com,berarti kampungan juga dong?

ups!

Buat Kartu Nama yang Unik

Kartu nama bisa menjadi media pilihan.Tidak harus jadi seorang eksekutif saja yang mempunyai kartu nama.Siapapun bisa termasuk kamu pun bisa.

Tinggalkan kesan yang baik pada desain kartu nama yang kamu gunakan.Agar ketika kamu bertemu orang yang kompeten,dia bisa tertarik dengan kamu.

Waspada pada iklan lowongan pekerjaan di media cetak yang tidak terpercaya 

Banyak tersebar iklan-iklan lowongan kerja di media cetak.Tapi kamu harus waspada tidak semuanya bermain jujur.Banyak kasus terjadi iklan lowongan pekerjaan di media cetak abal-abal ini lebih banyak untuk sales marketing atau malah jasa penyalur tenaga kerja fiktif untuk meraih keuntungan dari pencari kerja yang kurang berpengalaman.Ujung-ujungnya malah nanti kamu dimintai uang untuk mendapat kerja.Berabe,khan.

Oke,cukup dulu.Lain waktu kita lanjut lagi.Setiap saat bisa saya update artikel ini jika ada informasi yang lebih menarik.



Tips Pintar Sebelum Mencari Lowongan Pekerjaan