-->

Mengenal Struktur Folder Sistem File (Filesystem) di Linux

Mengenal Struktur Folder Sistem File (Filesystem) di Linux
Jika sobat terbiasa dengan Microsoft windows,di linux kamu akan menemui perbedaan.Di linux kamu tak akan menemui drive C:/ atau yang lain.Tapi sebuah folder dengan tanda " / " sebagai sebuah folder root dan berbagai folder turunannya yang berisikan tiga huruf saja.

Mengenal sistem folder di dunia opensource akan membuatmu lebih mengenal istilah FHS (Filesystem Hierarchy Standard) yakni sebuah istilah yang merujuk pada sebuah standarisasi hierarki dari sistem file yang berlaku di dunia linux dan unix-like operating system .Bahkan dalam sistem operasi linux memuat sistem folder yang belum termuat dalam FHS.

Agar kamu semakin yakin untuk memutuskan mengganti sistem operasi di laptop atau perangkat PC-mu dengan sistem operasi opensource ini.Maka dengan kemampuan seadanya akan saya jelaskan masing-masing folder dalam sebuah root folder linux.Namun perlu digarisbawahi semua penjelasan saya mungkin kurang lengkap sedangkan pada saat yang bersamaan kamu membutuhkan informasi yang lebih baik,dengan senang hati saya siap berbagi informasi mengenai linux.

Berikut ini penjelasan masing-masing folder dalam sistem folder linux :

"/ " atau Direktori Root

Semua folder yang berada pada sebuah sistem operasi linux berada dibawah  folder root ini.Jangan samakan folder dengan drive C:/ seperti yang berlaku di sistem operasi windows-mu,walaupun terkesan sama untuk memuat file-file sistem.

/bin atau Direktori file-file binary

Didalam folder ini memuat jenis file yang bisa dieksekusi baik oleh user biasa atau super user.File binary sendiri bisa dikatakan program aplikasi.Misalnya ; browser,word prosessing dan lain-lain.

/boot atau Direktori file-file boot image

Folder ini memuat file-file yang dibutuhkan ketika komputer memulai proses booting atau ketika mulai dihidupkan.Jadi hati-hati ketika kamu mempunyai akses ke root jangan sembarangan menghapus file yang ada didalam folder ini.

/ dev atau Direktori perangkat keras

Folder ini memuat berbagai jenis file driver yang memungkinkan sebuah sistem operasi linux bisa berhubungan dengan perangkat keras yang terhubung.Jika kamu kamu tertarik dalam dunia pengembangan antar perangkat keras komputer,kamu bisa menempatkan semua file programmu disini.

/etc atau Direktori konfigurasi paket

Folder ini memuat file-file yang berhubungan dengan paket-paket program linux yang terinstall di komputer.

/home atau Direktori user

Pada folder ini memuat direktori pengguna yang terdapat pada linux yang kamu install.Jika ketika pertama kali install dan kamu memberi username "pelatge" (contoh saja!) maka hasilnya akan seperti ini : "/home/pelatge".Namun jika kamu menambahkan user lain dalam sistem linux yang terinstall,misal "pelatge-blogger" maka akan menjadi "/home/pelatge-blogger".Direktori home ini bersifat private karena hanya super user saja yang bisa mengakses ke setiap folder pengguna yang ada.

/lib atau Direktori librari sistem

Folder ini berisi pustaka file sistem dan modul kernel yang dibutuhkan oleh sistem,umumnya terletak pada /bin dan /sbin

 /media atau Direktori media

Folder ini tempat proses mounting file  dari media yang terinstall.Jika kamu sedang menggunakan CD-ROM,FLASHDISK,HDD EKSTERNAL maka file yang terdapat dalam perangkat tambahan itu diletakkan di direktori ini.Atau jika kamu menginstall linux dengan windows maka file ntfs window-mu juga diletakkan disini.

 /mnt  

Menurut informasi yang beredar dari pengguna linux berat,folder ini sudah tak digunakan lagi secara umum walau pun secara fungsi folder ini sama seperti direktori /media.

/opt

Jika kamu hobby menginstall program linux langsung dari source code asli maka hasil dari kompilasi programmu akan diletakkan di direktori ini.

/proc

Seperti folder /dev ,folder /proc adalah direktori virtual. Folder Ini berisi informasi tentang komputer kamu, seperti informasi tentang CPU  dan kernel yang sistem Linux yang kamu  jalankan. Seperti halnya dengan / dev, file dan direktori dihasilkan ketika komputer kamu mulai dinyalakan.

Oke,sementara cukup dulu lain kali saya update!

Mengenal Struktur Folder Sistem File (Filesystem) di Linux